Sejarah Pijat Refleksi Modern dan Perkembangannya

Diposting pada

Perkembangan pijat refleksi

Tahukah anda bahwasanya terapi pijat refleksi yang kita kenal saat ini merupakan sebuah ilmu yang sudah digunakan oleh nenek moyang kita lebih dari 4000 tahun yang lalu, jenis terapi ini sudah digunakan  sejak 2000 SM di dataran Cina, India, Mesir dan Amerika utara.

Meskipun merupakan metode pengobatan yang sudah kuno, namun terapi refleksi masih eksis dan digunakan sebagai terapi penyembuhan dan pendamping pengobatan modern yang sudah berkembang saat ini.

Sejarah awal pijat refleksi

Berbicara tentang pijat refleksi, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui tentang sejarah perkembangan pijat refleksi dari masa ke masa. Oleh sebab itu pada kesempatan hari ini saya akan mencoba sedikit bercerita tentang sejarah perkembangan metode pengobatan ini yang telah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Pijat refleksi modern yang kita pelajari saat ini adalah berdasarkan pada bentuk terapi kuno yang sudah digunakan sejak lebih dari 4000 tahun silam. Berdasarkan penelitian telah ditemukan bentuk terapi pijat kaki dan tangan yang dipraktekkan sejak 2330 SM di daratan Cina.

Selain itu pada waktu yang berdekatan juga ditemukan di Mesir seperti yang digambarkan pada makam Ankmahor. Tak hanya itu, peneliti juga menemukan suku-suku Indian di Amerika utara juga menggunakan bentuk terapi pijat refleksi dan tangan sejak ratusan tahun yang lalu.

Sejarah pijat refleksi di mesir

Dari temuan tersebut, para peneliti masih berbeda pendapat tentang dari mana asal mula terapi pijat refleksi ini. Namun yang jelas metode terapi refleksi sudah teruji oleh waktu selama ribuan tahun dan telah banyak membantu ribuan orang untuk mendapatkan solusi masalah kesehatan yang mereka alami.

Perkembangan pijat refleksi modern

Perkembangan terapi pijat refleksi yang saat ini kita pelajari, tak lepas dari jasa seorang Dr. William Fitzgerald (1872 – 1942) yang mendapat gelar medisnya dari Universitas Vermont pada tahun 1895. Beliau memperkenalkan terapi ini kepada kepada masyarakat luas melalui tulisannya di sebuah majalah Everybody’s Magazine yang mengulas tentang zona terapi yang bermanfaat untuk meringankan rasa sakit.

Pada tahun 1917 Dr. William Fitzgerald menulis sebuah buku yang diberi judul “Zone Therapy or Relieving Pain in the Home” yang 2 tahun kemudian beliau sempurnakan dengan menerbitkan sebuah buku baru yang diberi nama “Zone Therapy or Curing Pain and Disease”. Dari buku-buku beliaulah metode terapi pijat refleksi modern mulai dikenal oleh masyarakat luas hingga sampai pada kita saat ini.

Bapak Terapi refleksi

Seiring dengan pengalamannya didunia kedokteran yang di kombinasikan dengan terapi tekanan, Dr. William Fitzgerald menemukan setiap tekanan pada titik atau zona tertentu bisa memberikan efek meredakan rasa sakit. Jenis terapi ini kemudian beliau beri nama “Zone Therapy” yang menjadi konsep dasar terapi pijat refleksi modern.

Meskipun ditahun-tahun awal pengenalan metode terapi zona ini masih kontroversial, namun banyak dari dokter ahli osteopati dan fisioterapi dari amerika dan eropa yang menggunakan metode terapi zona dan menurut mereka terapi zona memberikan efek positif untuk membantu pemulihan dan mengurangi rasa sakit.

Kemudian seorang fisioterapis dari St Petersburg yang bernama Eunice Ingham (1889 – 1974) merupakan seorang therapis yang menggunakan metode terapi zona yang diperkenalkan oleh Dr. William Fitzgerald. Beliau kemudian mulai memetakan letak titik dan zona terapi pada telapak kaki yang disesuaikan dengan organ tubuh.

Eunice Ingham merupakan generasi yang meneruskan dan menyempurnakan terapi zona yang di rilis oleh Dr. William Fitzgerald. Beliau dengan susah payah memetakan letak titik refleksi untuk setiap organ seperti yang kita pelajari saat ini.

Melihat perkembangan dari sejarah panjang pijat refleksi diatas, dapat disimpulkan bahwasanya terapi pijat ini telah teruji oleh waktu dan telah bayak dipraktekkan oleh orang-orang terdahulu sebelum kita. Bahkan banyak para dokter di awal abad 19 yang mengakui manfaat pijat refleksi dan menerapkan metode terapi ini.

Gambar Gravatar
Founder refleksio.com seorang pemerhati dunia kesehatan kontemporer sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *