Terapi Pijat Refleksi Untuk Penderita Parkinson

Diposting pada

Terapi pengobatan parkinson

Parkinson merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh degenerasi sel-sel syaraf pada otak tengah yang memiliki fungsi untuk mengontrol sistem motorik tubuh. Jenis penyakit ini biasanya dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Namun begitu tak menutup kemungkinan parkinson juga bisa menimpa kita yang masih dalam usia produktif.

Kita bisa mengetahui seseorang menderita penyakit parkinson biasanya dari munculnya tremor atau keadaan anggota tubuh yang mengalami gemetaran yang tak bisa dikontrol. Anggota tubuh yang paling mudah dilihat untuk mendeteksi gejala parkinson adalah jari tangan yang mengalami tremor halus tanpa kita sadari.

Sedangkan penyebab utama parkinson adalah melemahnya sistem syaraf otak tengah yang mengendalikan otot-otot didalam tubuh kita. Hal itu berakibat pada lemahnya kontrol terhadap sebagian otot-otot tubuh sehingga menyebabkan tremor atau gemetaran.

Gejala Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson memiliki gejala yang sulit terdeteksi sejak awal, biasanya penyakit ini baru diketahui setelah penderita mengalami beberapa hal sebagai berikut:

  • Tubuh terasa lemah dan kaku bada beberapa bagian tubuh
  • Munculnya gemetaran pada jari-jari tangan
  • Otot menjadi tidak fleksibel lagi
  • Kurangnya kontrol keseimbangan pada otot tubuh
  • Mengalami perlambatan pada gerakan tubuh

Selain itu penderita parkinson biasanya juga akan mengalami susah tidur atau insomnia, susah buang air besar, berkurangnya daya ingat sampai gejala psikologis seperti depresi dan mengalami kecemasan.

Penyebab parkinson

Terapi refleksi parkinson

Para ahli refleksologi meyakini bahwasanya tubuh kita memiliki sistem yang mampu menyembuhkan diri sendiri dengan kekuatan holistik dari terapi pijat refleksi yang dilakukan. Dimana pijat refleksi akan memulihkan keseimbangan tubuh dengan memberikan rangsangan pada titik-titik tertentu.

Seperti pada penderita parkinson yang  merupakan jenis penyakit degeneratif yang disebabkan oleh lemahnya kinerja otak tengah sebagai kontrol syaraf motorik di bagian tulang belakang yang mengendalikan otot-otot pada tubuh.

Para praktisi pijat refleksi percaya bahwa melakukan pemijatan terukur pada titik syaraf kepala, otak dan tulang belakang akan memberikan respon positif sebagai pendekatan holistik untuk perawatan penderita penyakit parkinson.

Baca Juga: Terapi Refleksi Untuk Penderita Stroke

Selain itu terapi yang dilakukan juga akan membatu menstabilkan sistem syaraf sehingga akan mengurangi tremor atau gemetaran.

Titik Pijat Refleksi parkinson

Untuk melakukan terapi pijat refleksi untuk penderita parkinson, dibutuhkan pengetahuan letak titik refleksi yang diperlukan, dan berikut ini beberapa titik pijat refleksi yang bisa anda gunakan untuk perawatan pada penderita penyakit parkinson.

Titik pijat refleksi parkinson

Keterangan gambar

  1. Titik refleksi dahi
  2. Titik refleksi Kepala (otak)
  3. Titik refleksi Kelenjar dibawah otak
  4. Titik refleksi Otak Kecil
  5. Titik refleksi Liver
  6. Titik refleksi Kelenjar adrenal
  7. Titik refleksi Ginjal
  8. Titik refleksi Tulang punggung
  9. Titik refleksi Depan kepala
  10. Titik refleksi Atas kepala
  11. Titik refleksi Sisi Kepala
  12. Titik refleksi Belakang kepala
  13. Titik refleksi Pinggang dan punggung

Setelah anda mengetahui letak titik-titik yang dibutuhkan, terapi pijat refleksi parkinson bisa anda lakukan setiap hari dengan memfokuskan pemijatan pada beberapa titik pijat yang telah saya jelaskan pada gambar diatas.

Proses pemijatan bisa anda lakukan minimal 1 menit pada setiap titiknya, terapi boleh dilakukan maksimal 3 kali setiap hari. Jangan lupa untuk minum air putih 2 gelas setiap selesai sesi terapi pijat refleksi.

Terapi pijat refleksi memiliki reaksi positif yang luas terhadap penyakit. Terapi yang dilakukan bisa mengurangi rasa sakit dikepala, mengurangi tingkat kecemasan dan depresi serta membantu dalam mengatasi susah tidur atau insomnia yang sering dialami oleh penderita parkinson.

Penyakit parkinson merupakan gangguan syaraf pusat yang sulit disembuhkan jika hanya mengandalkan kinerja tubuh semata. Pijat refleksi disini bersifat membantu meringankan gejala yang dialami. Penting untuk mengkombinasikan terapi refleksologi dengan metode lainnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Akhir kata semoga artikel saya tentang terapi pijat refleksi parkinson ini bisa bermanfaat untuk masyarakat luas yang membutuhkan metode terapi alternatif dari masalah kesehatan yang mereka alami dan menjadi sebab kesembuhan dari penyakit yang diderita.

Gambar Gravatar
Founder refleksio.com seorang pemerhati dunia kesehatan kontemporer sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *