Manfaat Daun Pecah Beling dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Diposting pada

Daun pecah beling

Jika anda sedang mencari informasi tentang apa itu daun pecah beling, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan. Maka anda berada di tempat yang tepat, karena disini anda akan mendapatkannya secara detail tentang informasi tersebut.

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dalam memanfaatkan berbagai tanaman herbal untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat adalah daun pecah beling yang menjadi topik pembahasan kita pada hari ini.

Didalam artikel ini akan saya kupas tuntas tentang apa itu daun pecah beling dan manfaatnya untuk mengobati berbagai jenis penyakit lengkap dengan cara mengolahnya. Pastikan anda membaca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja manfaat dari daun keji beling ini.

Apa itu daun pecah beling?

Menurut wikipedia bahasa Indonesia, daun pecah beling juga memiliki nama lain kecibeling, dalam bahasa betawi disebut picah beling dan dalam bahasa jawa disebut sebagai enyoh kelo. Daun ini juga memiliki nama latin yakni Strobilanthes crispus.

Daun pecah beling atau biasa disebut juga sebagai daun keji beling adalah salah satu jenis dedaunan herbal yang banyak tumbuh di Indonesia. Jenis daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika di olah dan di konsumsi dengan benar.

Meskipun tanaman ini banyak tumbuh di sekitar lingkungan dan sangat familiar di telinga kita, namun banyak orang yang belum mengetahui seperti apa sih daun pecah beling ini…?

Atau mungkin banyak juga diantara kita yang belum pernah melihat jenis daun pecah beling yang kaya akan manfaat ini. Oleh sebab itu, disini admin akan memberikan penjelasan tentang apa itu daun keji beling lengkap dengan ciri-cirinya.

Ciri-ciri daun pecah beling

Daun pecah beling sering tumbuh liar di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, terutama bagi anda yang tinggal di pedesaan. Pohon pecah beling bahkan sering tumbuh di sekitar sungai karena merupakan jenis tanaman yang butuh banyak air.

Pohon keji beling biasanya memiliki ketinggian antara 1 sampai 2 meter dengan akar tunggang berwarna cokelat muda dan cabang pohon berbentuk bulat berwarna hijau.

Ciri-ciri yang mencolok dari daun pecah beling adalah daunnya kecil berbentuk lonjong dengan lancip di ujung dan pangkalnya, tepi daun bergerigi dengan kedua permukaan daun yang kasar dan berbulu haluas.

Daun keji beling merupakan daun tunggal dengan tangkai yang pendek dengan warna daun hijau tua. Untuk lebih jelasnya mengenai ciri-ciri daun tersebut silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Pohon pecah beling

Kandungan pada daun pecah beling

Sebagai daun yang memiliki khasiat obat untuk berbagai jenis penyakit, daun pacah beling tentunya banyak mengandung berbagai zat serta nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pengobatan dan memelihara kesehatan tubuh kita.

Mengenai kandungan berbagai zat yang ada didalam daun pecah beling, dibawah ini telah saya sediakan tabel nutrisi dan vitamin lengkap dengan manfaatnya.

Tabel kandungan daun pecah beling

Melihat kandungan dari daun pecah beling pada tabel diatas, tak heran jika daun ini sangat berkhasiat sebagai ramuan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara alami.

Cara mengolah daun keji beling

Untuk mendapatkan manfaat yang terkandung didalam daun keji beling, anda harus tau bagaimana mengolahnya dengan benar agar bisa menjadi obat herbal yang mujarab untuk mengobati keluhan yang sedang anda alami.

Disini akan saya jelaskan beberapa cara mengolah daun pecah beling dan cara mengonsumsinya yang bisa anda ikuti dengan mudah langkah demi langkah pembuatannya.

Setidaknya ada 3 cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengolah daun keji beling menjadi obat alami sebagai berikut.

Dengan merebus daunnya

Cara yang paling umum dan mudah untuk dilakukan untuk mengolah daun keji beling menjadi obat adalah dengan merebusnya. Langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Ambil 5-7 lembar daun pecah beling yang masih muda dan tidak terlalu tua
  • Cuci dampai bersih
  • Campurkan dengan 500 ml atau 2 gelas air
  • Rebus hingga tersisa setengah gelas
  • Saring dan minum ketika sudah dingin
  • Dosis untuk sekali minum

Dengan membuatnya menjadi teh

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk menkonsumsi ramuan daun keji beling adalah dengan mengolahnya menjadi teh herbal. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan:

  • Ambil daun keji beling yang tidak terlalu muda atau terlalu tua
  • Cuci daunnya sampai bersih
  • Jemur di tempat yang aman dari debu hingga kering
  • Setelah kering cacah daun hingga jadi ukuran kecil-kecil
  • Kemudian ambil kira-kira 2 sendok daun yang sudah di cacah dan masukkan kedalam gelas
  • Seduh dengan air mendidih sebanyak 250 ml atau segelas air
  • Tambahkan madu jika diperlukan
  • Minum teh daun keji beling setelah dingin

Cara kedua ini bisa anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan teh dari daun keji beling yang sudah dikeringkan bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama jika pandai menyimpannya.

Dengan membuatnya menjadi kapsul

Selain dengan dua cara tersebut, ada cara yang praktis untuk mengonsumsi daun keji beling yakni dengan cara mengolahnya menjadi kapsul sehingga bisa di bawa kemana-mana dan di konsumsi kapan saja tanpa repot merebusnya.

Kapsul keji beling

Berikut ini cara membuat kapsul dari daun pecah beling:

  • Pertama-tama siapkan daun keji beling yang masih muda
  • Cuci sampai bersih daunnya kemudian jemur sampai benar-benar kering
  • Pastikan ketika menjemur daunnya terbebas dari debu dan polusi
  • Untuk lebih amannya, anda bisa mengeringkan daun tersebut dengan mengopennya
  • Jika sudah kering silahkan belnder daunnya sampai jadi serbuk
  • Masukkan serbuknya kedalam kapsul
  • Obat siap dikonsumsi

Cara ketiga ini sangat berguna bagi anda yang tinggal di perkotaan atau bagi anda yang sangat sibuk sehingga butuh cara praktis dan cepat dalam mengkonsumsi, obat salah satunya dengan mengemas obatnya menjadi bentuk kapsul yang praktis untuk diminum.

Manfaat daun pecah beling

Setelah kita mengetahui apa itu daun pecah beling, kandungan yang ada didalamnya serta cara mengolahnya menjadi obat herbal. Tak lengkap rasanya jika belum mengetahui apa saja manfaat dari daun ajaib ini.

Baiklah, untuk memenuhi rasa ingin tahu anda. Di bawah ini telah saya sediakan informasi lengkap tentang manfaat daun pecah beling yang berguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan sebagai ramuan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengobati batu ginjal dan kencing batu

manfaat daun pecah beling yang paling populer dan dikenal masyarakat luas adalah mampu mengatasi batu ginjal dan kecing batu. Dimana seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya akan mengalami kesulitan dan sakit saat buang air kecil.

Berbagai kombinasi kandungan yang ada didalam daun keji beling terbukti mampu menghancurkan batu ginjal yang merupakan endapan yang mengkristal seperti batu didalam ginjal.

Mengobati Batu Ginjal

Setelah endapan dihancurkan, kemudian butiran kecil dari sisa-siasa batu ginjal akan dikeluarkan melalui air kencing hingga bersih.

Disarankan bagi anda yang menderita kecncing batu serta batu ginjal, agar mengkonsumsi ramuan daun pecah beling secara rutin sebanyak 3 kali sehari sampai sembuh.

Imbangi juga dengan banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal dan keseimbangan tubuh anda selama proses pengobatan.

Mengatasi susah kencing

Khasiat lainnya dari daun keji beling yang masih berhubungan dengan saluran kencing adalah mampu melancarkan buang air kencing. Jadi bagi anda yang sering mengalami sulit kencing, sebaiknya konsumsi rutin ramuan ini semoga masalah anda cepat teratasi.

Orang yang bisa kencing dengan lancar tanpa mengalami sakit atau masalah lainnya, hal itu menandakan saluran kencingnya sehat dan terjaga dari gangguan bakteri jahat.

Meluruhkan batu empedu

Selain mampu menghancurkan batu empedu, manfaat lainnya dari daun ajaib ini adalah mampu meluruhkan batu empedu yang merupakan endapan yang telah mengkristal pada organ empedu anda.

Salah satu cara alami untuk mengatasi batu empedu secara alami adalah dengan mengonsumsi ramuan dari daun pecah beling secara rutin. Minum ramuan ini 3 kali sehari sampai anda sembuh dari batu empedu.

Mengobati ambeien

Penyakit ambeien atau wasir biasanya disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah vena yang berada pada anus dan rektum. Jika hal itu sudah semakin parah, biasanya akan terjadi pendarahan saat buang air besar.

Pengobatan wasir

Cara alami yang bisa anda tempuh untuk mengobati ambeien adalah dengan menggunakan ramuan dari daun pecah beling yang dikonsumsi setiap hari secara rutin. Semoga dengan cara ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan wasir yang sedang anda alami.

Mencegah dan mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning merupakan jenis penyakit yang menyerang liver atau hati. banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.

Salah satu cara yang efektif dan alami untuk mengobati penyakit liver adalah dengan rutin mengonsumsi ramuan dari daun keji beling yang memiliki kandungan cukup ampuh untuk mengatasi penyakit kuning.

Bagi anda yang pernah mengalami penyakit kuning dan tak ingin kambuh lagi, ramuan ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit ini datang lagi asalkan rutin mengonsumsinya.

Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan jenis penyakit berbahaya dan bisa menimpa siapa saja. Selain itu penyakit ini juga terkenal sangat berbahaya dan sulit untuk mengobatinya.

Tindakan pencegahan adalah cara yang ampuh agar terhindar dari penyakit kanker. Yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu agar terhindar dari penyakit ini, anda juga bisa menggunakan ramuan dari daun pecah beling yang memiliki kandungan anti kanker alami yang ampuh untuk mencegah timbulnya penyakit kanker dan tumor.

Mengobati kencing manis

Penyakit kencing manis atau diabetes adalah kondisi tubuh yang kekurangan hormon insulin sehingga menyebabkan kadar gula didalam darah menjadi lebih tinggi dari keadaan normal.

Hormon insulin sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mengontrol dan mengelola kadar gula didalam darah. Kurangnya produksi hormon ini berakibat pada ketidak mampuan sel-sel tubuh untuk menyerap zat gula didalam darah yang menyebabkan kadar gula didalam darah meningkat.

obat penyakit diabetes

Cara alami yang bisa anda tempuh untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengonsumsi ramuan daun pecah beling secara rutin. Kandungan didalam daun ini dipercaya mampu meningkatkan produksi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh.

Mencegah kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi didalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Keadaan ini bisa memicu penyakit berbahaya lainnya seperti darah tinggi, penyakit jantung dan bahkan stroke yang berakibat pada kelumpuhan bahkan kematian.

Selain menerapkan gaya hidup sehat yang menjadi kunci agar hidup kita tetap sehat dan berkualitas, anda juga bisa mencegah kolesterol tinggi dengan rajin minum ramuan herbal dari daun keji beling yang bisa menjadi solusi mudah dan murah.

Mengatasi masalah pencernaan

Khasiat lainnya yang bisa anda dapatkan pada daun pecah beling adalah manfaatnya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit saluran pencernaan seperti penyakit pada lambung, disentri, mencret dan sembelit.

Caranya hanya dengan minum rebusan daun keji beling secara rutin setiap hari hingga penyakit pencernaan anda sembuh total.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun pecah beling yang bisa kita dapatkan. Namun beberapa keterangan yang sudah saya jelaskan diatas sudah cukup mewakili akan manfaat dari daun ajaib yang satu ini.

Demikian sahabat sekalian beberapa informasi penting tentang daun keji beling yang bisa saya share pada kesempatan hari ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi lengkap tentang obat herbal alami ini.

Gambar Gravatar
Founder refleksio.com seorang pemerhati dunia kesehatan kontemporer sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

2 thoughts on “Manfaat Daun Pecah Beling dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *